Monorail sebagai angkutan umum massal perkotaan sangat mendukung
pergerapan penumpang khususnya untuk menghubungkan antar sub-pusat kota.
Monorail harus tergabung dengan moda transportasi lainnya, khususnya angkutan
antar kota baik yang berbasis rel, maupun jalan raya sehingga keterkaitan
dengan terminal, stasiun dan bandara juga sangat diperlukan.
Di Indonesia, terdapat kota-kota metropolitan (penduduk diatas 1 juta
jiwa) dan kota-kota besar lainnya yang dimasa depan akan menjadi kota
metropolitan. Untuk melihat potensi kebutuhan monorail, maka kota-kota
metropolitan seperti : Medan, DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta,
Surabaya, Denpasar dan Makasar diperkirakan sangat membutuhkan angkutan masal
berupa monorail.
I.
Perkembangan
Jumlah Penduduk Kota Metropolitan di Indonesia
1. Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk
Jumlah
Penduduk
Di Indonesia terdapat banyak kota-kota yang
potensial menjadi metropolitan. Jika dilihat datanya adalah sebagai berikut :
Tabel. Penduduk Kota-kota di Indonesia
No
|
Kota
|
Provinsi
|
Pddk (2010)
|
1.
|
9.586.705
|
||
2.
|
2.765.487
|
||
3.
|
2.394.873
|
||
4.
|
2.334.871
|
||
5.
|
2.097.610
|
||
6.
|
1.798.601
|
||
7.
|
1.738.570
|
||
8.
|
1.520.481
|
||
9.
|
1.440.678
|
||
10.
|
1.331.391
|
||
11.
|
1.290.322
|
||
12.
|
950.334
|
||
13.
|
917.998
|
||
14.
|
882.045
|
||
15.
|
881.801
|
||
16.
|
820.243
|
||
17.
|
799.750
|
||
18.
|
788.589
|
||
19.
|
685.859
|
||
20.
|
612.849
|
||
21.
|
578.046
|
||
22.
|
554.764
|
||
23.
|
541.177
|
||
24.
|
526.508
|
||
25.
|
515.901
|
||
26.
|
499.337
|
||
27.
|
428.484
|
||
28.
|
402.843
|
||
29.
|
394.683
|
||
30.
|
388.627
|
||
31.
|
360.125
|
||
32.
|
315.768
|
||
33.
|
310.168
|
||
34.
|
305.984
|
||
35.
|
298.681
|
||
36.
|
296.389
|
||
37.
|
296.378
|
||
38.
|
274.839
|
||
39.
|
268.507
|
||
40.
|
264.673
|
||
41.
|
239.599
|
||
42.
|
235.450
|
||
43.
|
234.698
|
||
44.
|
233.859
|
||
45.
|
223.446
|
||
46.
|
200.608
|
||
47.
|
196.957
|
||
48.
|
192.309
|
||
49.
|
186.262
|
||
50.
|
178.854
|
||
51.
|
177.396
|
||
52.
|
173.951
|
||
53.
|
173.866
|
||
54.
|
170.964
|
||
55.
|
170.948
|
||
56.
|
170.332
|
||
57.
|
162.930
|
||
58.
|
158.824
|
||
59.
|
158.418
|
||
60.
|
155.385
|
||
61.
|
154.445
|
||
62.
|
145.248
|
||
63.
|
142.733
|
||
64.
|
140.238
|
||
65.
|
136.275
|
||
66.
|
131.968
|
||
67.
|
129.251
|
||
68.
|
128.297
|
||
69.
|
125.207
|
||
70.
|
124.270
|
||
71.
|
123.341
|
||
72.
|
121.137
|
||
73.
|
120.196
|
||
74.
|
118.227
|
||
75.
|
118.017
|
||
76.
|
116.152
|
||
77.
|
112.130
|
||
78.
|
111.312
|
||
79.
|
106.638
|
Sumber : Wikipedia, dari Sensus Penduduk
2010
Dari banyak-kota-kota berdasarkan
wilayah adminidtratif tersebut telah terbentuk gabungan dari kota-kota yang
membentuk metro bahkan megapolitan. Penggabungan kota-kota ini tentunya
membutuhkan sarana danprasarana yang memadai untuk mendukung pergerakan
penduduknya melalui sistem angkutan massal yang terpadu.
test
BalasHapus